Minggu, 17 Mei 2009

Tips dan Trik Terlepas Dari Jeratan Rokok



Sangat sulit memang menjauhkan diri dari tembakau, terutama jika kamu memang penggemar berat, yang sehari mampu menghabiskan minimal kamu bungkus.
Wajar saja, penelitian terbaru di Amerika Serikat menyatakan, orang yang mencoba berhenti merokok menderita depresi, gelisah, sulit konsentrasi dan berat badan turun drastis.
Lebih lanjut diketahui, setelah berat badan turun 5 hingga 10 pon (selama pengurangan kadar nikotin dalam tubuh), mereka mulai merokok kembali.
Memang menyebalkan, ketika niat sudah membulat, tetapi tubuh menolak. Meski demikian, kebanyakan orang perlu empat hingga enam kali mencoba sebelum sukses berhenti total. Simak tips berikut ini :
* Cobalah menetapkan tanggal atau waktu untuk berhenti. Pilih harinya, dan katakan bahwa kamu akan melaksanakan misalnya 30 hingga 60 hari ke depan. Konsisten dan disiplin tinggi sangat diperlukan.
* Juga jangan anggap remeh opsi medis, seperti memakai koyo nikotin (karet yang dapat menghisap nikotin) yang dapat membuat kamu berpeluang dua kali lipat untuk berhenti. Atau, coba obat pengobatan depresi, seperti bupropion (Wellbutrin, Zyban) atau varenicline (Chantix).
* Menggunakan jasa konseling pun dapat membantu. Terapi tembakau dapat membantu kamu mengatur rencana yang efektif untuk berhenti merokok.
* Jika saja kamu enggan untuk pergi ke psikiater, carilah dukungan dari manapun, tak mesti teman terdekat, karena seringkali teman terdekat juga perokok, dan malah menjadikan tekad kamu bertambah sulit.
Misalnya cari seseorang yang mau mendukung kamu, entah itu teman, keluarga atau kelompok jejaring sosial di dunia maya yang menurut kamu sesuai kebutuhan.
* Untuk memantapkannya, cobalah cari aktifitas diluar rutinitas, sehingga mengalihkan konsentrasi kamu untuk merokok.

Sumber : www.rileks.com




0 komentar:

Posting Komentar

NightGuardianZ © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute